Jumat, 01 Januari 2010

Buku berlipat 3D

1. Pertama, Anda perlu model.You buku 3D dapat men-download buku 3D model di sini (format 3DS, zip). Setelah Anda men-download file ini, ekstrak, dan diimpor ke 3dsmax (File> Impor).Model ini akan dikonversi dalam 3dsmax menjadi Editable Mesh. Dalam Perspektif viewport, mengaktifkan Faces beringsut display (tekan F4 pada keyboard).

Anda juga perlu men-download file bitmap yang digunakan kemudian sebagai materi. Ada 3 file JPG. Download materi di sini (101 kb, zip)

2. Langkah pertama adalah texturing buku. Saya akan menggunakan Multi / Sub-Object Material. Menggunakan jenis bahan ini, satu objek dapat memiliki beberapa peta diterapkan sama sekali. Sebagai contoh, saya akan menerapkan bahan 3 sampul yang berbeda, buku sisi, dan di dalam halaman. Sebelum Anda dapat menerapkan Multi / Sub-Object Material, anda perlu menentukan ID Material yang berbeda di setiap daerah yang akan dipetakan.

Pilih model buku. Buka tab Modify. Aktifkan pilihan Polygon. Pilih semua buku poligon di sisi (lihat gambar di bawah). Dalam Pemilihan rollouts Anda harus membaca tentang "132 wajah yang dipilih". Ctrl + klik untuk memilih beberapa poligon. Anda juga perlu untuk memperbesar dan memutar pandangan Anda untuk memilih poligon dalam 4 arah. Setelah selesai, pergi ke Permukaan Properties rollout.By default, setiap poligon telah Bahan ID = 1. Sekarang, perubahan Set ID = 2. Tekan Enter setelah Anda mengisi masuk

3. Selanjutnya, pilih semua poligon membuat sampul buku. Anda harus membaca "754 wajah yang dipilih" di Selection rollout .. Ubah Bahan ID = 3.

4.At titik ini Anda harus memiliki 3 Bahan ID. (lihat gambar di bawah ini untuk referensi). Langkah selanjutnya adalah untuk menerapkan materi yang berbeda ke dalam setiap Bahan ID.

5. Buka Material Editor (tekan M pada keyboard). Pilih salah satu slot material kosong, nama bahan ini "buku". Terapkan bahan ini ke dalam model buku (dengan mengklik Material to Selection Menetapkan tombol). Kemudian perubahan material type, klik tombol Standar. Dalam Material / Map Browser klik Multi / Sub-Obyek dua kali. Cukup klik OK di kotak dialog dibuka.

Dalam Multi / Sub-Obyek Dasar Parameter rollout, klik tombol Set Jumlah. Isi 3, karena Anda hanya perlu membuat materi 3.

Klik tombol di sebelah kanan Mat ID = 1 (Under Sub-Material). Nama bahan ini "halaman base".Dalam Parameter Dasar Blinn, klik tombol kecil di sebelah kanan baur. Klik Bitmap dalam Material / Map Browser jendela. Lalu pilih "page_base.jpg". Klik tombol Go to Parent dua kali untuk kembali ke Multi / Sub-Obyek Dasar Parameter rollout.

Klik tombol di sebelah kanan Mat ID = 2 (Under Sub-Material). Nama bahan ini "halaman samping". Dalam Parameter Dasar Blinn, klik kotak warna di sebelah kanan baur. Berubah warna menjadi cokelat terang (R = 244, G = 231, B = 208). Klik tombol Go to Parent dua kali untuk kembali ke Multi / Sub-Obyek Dasar Parameter rollout

Gunakan proses yang sama seperti di atas untuk buku sampul bahan (Bahan ID = 3). Kali ini menggunakan warna coklat merah (R = 175, G = 97, B = 34). Klik tombol Go to Parent dua kali untuk kembali ke Multi / Sub-Obyek Dasar Parameter rollout

Sekarang, Anda telah membuat Multi / Sub-Obyek Bahan untuk model buku.

6. Sebelum Anda dapat membuat, Anda perlu menerapkan UVW Mapping untuk model buku.Untuk Alignment, gunakan Y axis. Klik Bitmap Fit dan pilih "page_base.jpg" sebagai referensi.Pemetaan UVW Gizmo akan diskalakan secara proporsional dengan file bitmap.

7. Dalam Modifier Stack, klik minus (-) tanda di kiri UVW Mapping. Pilih Gizmo baris. Pemetaan UVW Gizmo akan menjadi kuning, dan sekarang Anda dapat memindahkannya. Posisi dan skala untuk menyesuaikan membuka halaman dalam buku 3D model. Ketika selesai klik Gizmo baris lagi untuk mematikan.

8. Render viewport Perspective. Anda harus memiliki sesuatu yang seperti gambar di bawah ini.


Lanjutkan latihan sebelumnya. Polygon Aktifkan pilihan dalam buku 3D model. Pilih semua poligon menciptakan satu sisi halaman (sisi kanan). Zoom in untuk seleksi mudah. Jangan lupa, Anda dapat menggunakan Ctrl + klik untuk beberapa pilihan. Anda akan melihat "16 Wajah Selected" di Selection rollout.

2. Aktifkan Pilih Dan Move Tool. Pada viewport Front, tahan Shift dan bergerak dipilih poligon atas.Sebuah kotak dialog akan dibuka. Pilih Clone Untuk Objek. Isi nama obyek baru dan klik OK.Sekarang, Anda memiliki halaman terpisah objek. Matikan semua sub-obyek seleksi.

3. Zoom di dalam viewport Front. Pilih halaman yang baru Anda buat objek. Dalam Command Panel, klik tab Hierarchy. Hidupkan tombol Affect Pivot Saja. Anda dapat memindahkan titik pivot sekarang. Pindahkan pivot point di bagian paling bawah halaman objek. Setelah selesai, matikan Affect Pivot Only tombol.

4.Next, halaman memindahkan objek dekat buku objek. Halaman objek harus diposisikan sedikit buku di atas objek.

5. Kami membutuhkan lebih banyak poligon dalam objek halaman untuk memiliki flipping bagus animasi. Halaman klik kanan objek lalu pilih Convert to> Convert to Editable Poly. Sekarang, aktifkan pilihan Edge. Pilih 2 pinggiran di halaman objek (lihat gambar di bawah ini untuk referensi).Dalam peluncuran tepi Edit, klik tombol Settings di sebelah kanan Connect. Pada Hubungkan ujung kotak dialog, isi Segmen = 10 dan klik OK. Sekarang halaman Anda memiliki cukup objek poligon.

6. Sebelum kita mulai bernyawa, mari kita menambahkan bingkai. Klik Sisa Konfigurasi tombol di kanan bawah layar. Sebuah jendela baru akan muncul. Dalam kelompok Animasi, mengisi End Time = 150. Klik OK untuk menyelesaikan. Lokasi Anda sekarang memiliki 150 frame.

7. Mari kita bernyawa. Turn on Auto Key. Pindahkan slider ke frame 125. Halaman memutar objek ke dalam posisi seperti gambar di bawah ini. Anda akan memiliki dua keyrame dalam bingkai 0 dan 125. Pilih keyframe di frame 0 dan pindah ke frame 25. Kami bergerak ini karena kami ingin keyframe animasi mulai pada frame 25.

8. Aktifkan pilihan Vertex. Pada viewport Front, bergerak ke atas simpul satu per satu. Semua simpul harus sedikit buku di atas objek. Setelah selesai, matikan Auto Key dan memainkan animasi Anda. Matikan seleksi sub-objek. Anda sekarang memiliki flipping sederhana animasi.

Lanjutkan latihan sebelumnya. Sekarang, kita akan mulai tekstur halaman. Buka Material Editor. Pilih salah satu slot sampel yang tidak terpakai. Nama bahan ini "pageflip". Terapkan bahan ini ke halaman objek.

Karena halaman buku perlu 2 bertekstur di kedua sisi (menghadap dan belakang), kita akan menggunakan material type Double Sided. Klik tombol Standar. Dalam Material / Map Browser jendela, pilih Double Sided. Sebuah kotak dialog kecil akan muncul. Klik OK.

Di Double Sided Dasar Klik tombol di sebelah kanan Menghadap Material. Nama bahan ini "pageflip A". Ini akan menjadi peta depan. Dalam Parameter Dasar Blinn, klik tombol kecil di sebelah kanan baur, dan kemudian di Material / Map Browser pilih Bitmap. Selanjutnya, gunakan file "pageflip_a.jpg". Setelah selesai, klik tombol Go To Parent dua kali untuk kembali ke Double Sided Parameter Basic.

Untuk kembali bahan, menggunakan proses yang sama seperti di atas. Kali ini, gunakan file "pageflip_b.jpg".

2. Sebelum Anda dapat membuat, Anda perlu menerapkan pengubah ke UVW halaman Pemetaan objek. Dalam kelompok Alignment, gunakan Y axis dan klik opsi Fit button.This akan otomatis cocok UVW Mapping halaman gizmo ke objek. Lakukan pengujian render. Halaman Anda sekarang juga bertekstur.

3. Pindahkan slider ke frame 150. Lakukan pengujian render, anda akan melihat bahwa tekstur bitmap tidak benar (membalik). Untuk memperbaiki hal ini, pergi ke Material Editor. Pilih "pageflip" materi. Di Double Sided Dasar Parameter klik tombol di sebelah kanan Kembali Material. Dalam Parameter Dasar Blinn, klik tombol kecil (M) tepat di sebelah baur. Kemudian, di Koordinat rollout, ubah U ubin = -1. Render lagi, Kembali Bahan seharusnya tetap sekarang.

4. Halaman texturing sekarang selesai. Sekarang, kami akan mulai menciptakan lebih realistis membalik-balik halaman animasi. Pilih halaman objek. Tambahkan Bend pengubah ke objek ini.Dalam rollout Parameter, menetapkan Arah = 90, Tekuk Axis = X.

Kemudian, nyalakan Auto Key. Pindahkan slider ke frame 50, penurunan nilai Angle -75.Selanjutnya, pindahkan slider ke frame 100, nilai Angle = 75, dan dalam rangka Sudut Pandangan 125 set nilai = 0. Matikan Auto Key. Kemudian, pilih keyframe di frame 0 dan memindahkannya ke frame 25. Sekarang, Anda memiliki halaman baik dalam rangka membalik animasi 25-125.Bermain animasi Anda.

5. Render animasi Anda. Di bawah ini adalah contoh animasi.


Download selesai 3dsmax file di sini dan men-download materi file di sini

RIAN ARIESTA
50407716
3IA10


1 komentar: